Apa Itu Produk Digital ? Pengertian, Contoh dan Keunggulan Produk Digital

Apa Itu Produk Digital ? Pengertian, Contoh dan Keunggulan Produk Digital

apa itu produk digital, apa saja contoh produk digital

Pernah gak sih terbesit ingin punya bisnis tapi bingung mau bisnis apa?. Mau jualan online tapi belum tau produk apa yang mudah dijual.

Jika pernah, anda mungkin perlu mencoba bisnis produk digital.

Kita akan bahas sedikit tentang apa itu produk digital dan kegunaannya.

Apa itu Produk digital?

Produk digital adalah produk tanpa bentuk fisik. Meski demikian, manfaat tersebut tetap dapat dirasakan melalui perangkat digital seperti laptop, ponsel pintar atau tablet.

Apa saja contoh produk digital?

Sebagai contoh, berikut beberapa ide produk digital yang sangat populer:

1. Foto Digital

Source: shutterstock.com

Apakah Anda menyukai fotografi? Jika iya, ini adalah awal yang bagus! Karena kamu juga bisa menggunakan foto sebagai sumber passive income.

Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk menjual hasil foto anda. Yang paling populer adalah Shutterstock.

Di Indonesia, jumlah transaksi foto di Shutterstock meningkat mencapai 49% setiap tahunnya. Tentu saja hal ini menunjukkan bahwa bisnis fotografi digital di Indonesia masih sangat menjanjikan.

2. E-book

source : ratakan.com

E-book adalah contoh produk digital yang sangat populer sebagai sumber passive income. Karena semua orang bisa melakukannya. Bahkan, termasuk Anda!

Selama Anda memiliki keterampilan untuk berbagi dengan orang lain, Anda dapat memasukkannya ke dalam e-book. Kemudian, Anda dapat mempublikasikan secara mandiri atau melalui editor online.

3. Template Presentasi

Jika Anda pandai membuat slide presentasi, mengapa tidak menjadikannya sebagai sumber penghasilan? Produk ini dapat membantu orang membuat slide presentasi yang lebih menarik dan terlihat profesional.

Nah, untuk template presentasi yang Anda buat, agar dapat menjual lebih banyak, harap pastikan bahwa template tersebut dapat digunakan di beberapa platform presentasi. Dari Google Slide, Microsoft Powerpoint hingga Adobe InDesign.

4. Photo presets

Contoh lain dari produk digital yang dapat Anda buat adalah photo presets. Jadi preset adalah filter khusus untuk kebutuhan editing foto. Setiap preset biasanya memiliki gaya yang unik, dan orang dapat dengan mudah menyesuaikannya dengan foto mereka sendiri.

Mengapa produk ini memiliki potensi?

Karena saat ini, banyak pengguna jejaring sosial dengan senang hati membagikan foto mereka. Mereka mungkin memerlukan preset untuk membuat foto yang terlihat unik dan lebih menarik.

5. Kursus online

source : ratakan.com

Saat ini, semakin banyak orang belajar melalui Internet. Inilah mengapa kursus online menjadi salah satu produk digital yang potensial.

Anda dapat mengatur kursus online untuk keterampilan apa pun yang Anda miliki. Entah itu memasak, berbicara di depan umum, atau bahkan melukis.

Jadi di mana kursus-kursus yang anda buat itu akan dijual?

Anda dapat memanfaatkan berbagai platform. Dari situs web Anda sendiri hingga platform kursus online seperti Udemy.

6. Software

apa itu produk digital
source : ratakan.com

Produk digital lain yang bisa dijual adalah software, yaitu program dengan fungsi khusus. Misalnya, antivirus dan perangkat lunak produktivitas.

Jangan khawatir, Anda tidak perlu membuat perangkat lunak sendiri. Karena banyak juga distributor yang mendapatkan keuntungan dari penjualan berbagai program populer (seperti Microsoft Office, Kaspersky AntiVirus atau Adobe Photoshop).

7. Game

Seperti halnya perangkat lunak, game juga merupakan salah satu produk digital yang paling banyak diminati.

Jika Anda tertarik untuk menjual game, pastikan Anda selalu up to date dengan game terbaru. Karena industri game juga melakukan hal yang sama. Selain itu, terus perluas jangkauan jenis produk Anda, karena setiap jenis permainan memiliki penggemarnya sendiri.

8. Aplikasi

produk digital

Apakah Anda memiliki keterampilan untuk mengembangkan aplikasi? Jika demikian, Anda dapat memanfaatkan aplikasi yang telah menjadi sumber keuntungan yang menjanjikan.

Salah satu platform yang bisa digunakan untuk menjual aplikasi adalah Google Play. Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu memiliki akun pengembang Google Play. Kemudian Anda dapat menginstal aplikasi dan menentukan harganya.

Apa keunggulan produk digital?

Mungkin sekarang Anda penasaran. Bagaimana prospek bisnis produk digital?

Saat ini, semakin banyak pengusaha yang tertarik dengan pasar digital. alasannya sederhana. Jumlah pengguna internet terus meningkat semakin banyak, dan jumlah penjualan di platform digital juga meningkat dari tahun ke tahun.

Bahkan, penjualan produk digital juga diuntungkan dari fenomena ini. Fakta membuktikan bahwa total pendapatan pasar produk digital global akan mencapai Rp 2,8 triliun pada tahun 2021!, ditambah potensi keuntungan yang cukup besar.

Dibandingkan dengan produk fisik, produk digital memiliki beberapa keunggulan:

Tidak ada biaya penyimpanan – produk Anda tidak ada dalam bentuk fisik. Oleh karena itu, Anda tidak perlu repot untuk membeli etalase toko atau menyewa gudang untuk menyimpan persediaan produk.

Biaya awal yang relatif rendah – biaya pembuatan situs web toko online jauh lebih rendah daripada biaya menyewa toko atau mendirikan tempat penjualan.

Tanpa pengiriman – Produk Anda dapat dikirim langsung ke pembeli secara digital. Oleh karena itu, perusahaan Anda tidak perlu membayar biaya pengiriman. Ini bisa menjadi sumber pendapatan pasif: pembeli dapat membeli produk Anda 24 jam sehari melalui platform digital.

Margin Keuntungan Tinggi – Tidak ada biaya dasar yang dikeluarkan setiap kali produk dijual. Sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

Dari poin-poin sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa produk digital jauh lebih unggul dari produk lain dalam hal biaya dan kemudahan produksi.

Tapi apakah ini berarti produk digital pasti lebih baik dari produk fisik?

Jawabannya tentu tidak!, Karena produk digital juga memiliki beberapa kekurangan:

harus bersaing dengan produk gratis – ada banyak produk digital yang tersedia secara gratis. Mulai dari e-book hingga kursus online. Produk fisik jarang diberikan secara gratis.

Sulit untuk mencerminkan kegunaan – produk fisik dapat disentuh dan digunakan secara langsung, yang membuatnya lebih mudah untuk merasakan nilainya. Nilai produk digital membutuhkan penjelasan yang lebih rinci untuk menjual lebih banyak.

Mudah disalin – produk fisik terkadang sulit untuk diduplikat. Karena proses pembuatannya harus dilakukan secara manual. sedangkan produk digital dapat dengan mudah dibajak atau disalin.

Lalu bagaimana cara mengatasi berbagai kelemahan tersebut?

Tentu saja, Anda harus mempelajari cara terbaik untuk membuat dan memasarkan produk digital. Oleh karena itu, produk yang ditawarkannya tidak hanya menarik, tetapi juga memiliki nilai jual yang tinggi.

Baca juga: Cara Membuat dan Memasarkan Produk Digital Bagi Pemula

M. Trio Maulana P.

About the author

Muhammad Trio Maulana Putra - Seorang yang biasa-biasa saja namun memiliki mimpi yang luar biasa. Memulai berwirausaha dengan menjadi seorang website developer dan digital marketing. Membangun relasi bisnis dengan berbagai UMKM di wilayah Gresik hingga seluruh Indonesia.

Leave a Comment