Cara Ampuh Mempromosikan Akun Instagram

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kita sudah masuk ke tips yang ke sekian tentang social media marketing dan kali ini kita akan membahas lebih spesifik media sosial yang akan kita bahas, ya seperti di judul, kita akan membahas tentang Instagram Marketing. Sebelum kita lanjutkan, bagi yang tidak mengikuti tips sebelumnya silakan pelajari dulu tips sebelumnya disini ya.

Baik kita ulas sedikit tentang Instagram, apa itu instagram?. Awalnya Instagram adalah suatu platform yang diciptakan sebagai media bersosialisasi melalui internet dengan melakukan upload gambar ataupun video pendek. Namun saat ini sudah memiliki fitur penayangan video dengan durasi yang lebih panjang yang disebut IGTV. Sama halnya dengan platform media sosial yang lain, yang semakin kesini berubah menjadi ladang promosi bisnis. Siapa sangka, Instagram yang merupakan aplikasi berbagi gambar kini telah berkembang menjadi salah satu sarana marketing yang paling efektif dalam menjual produk. Apalagi baru-baru ini Instagram telah memberikan page khusus berjualan. keefektivitasan ini tak lepas dari berbagai gambar yang dibagikan. Kekuatan visual dianggap lebih mempunyai daya tarik para pengunjung  untuk melakukan konversi dibanding dengan cara yang lain. Bahkan, pengguna instagram naik secara signifikan pada 4 tahun belakangan. Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna Instagram terbanyak. Jelas sekali, media sosial ini mulai dilirik menjadi salah satu sarana marketing yang sangat ampuh. Lebihnya lagi, pengguna instagram rata-rata adalah pengguna yang aktif.

Jika anda baru mulai dalam dunia social media marketing, Instagram adalah salah satu platform yang cocok untuk anda gunakan untuk memulai mempromosikan bisnis anda. Namun, sebelum mempromosikan produk anda, tingkatkan visibilitas akun Instagaram anda juga secara berkala. Berikut ini adalah cara mempromosikan akun instagram yang perlu anda ketahui versi DaringKreatif:

Cara Ampuh Mempromosikan Akun Instagram

  1. Gunakan foto/gambar yang berkualitas baik

Karena instagram adalah platform media sosial dengan konsep berbagi gambar dan video, maka kualitas dari gambar dan video yang anda bagikan harus baik. Dengan membagikan gambar/video berkualitas, anda akan mendapatkan interaksi yang lebih besar. Buktinya, ratusan bahkan ribuan like dan komentar telah didapatkan oleh beberapa akun yang telah menerapkan cara ini. Lebih selektif saat memilih foto untuk diupload di instagram. Hal yang perlu diingat yaitu jangan terlalu banyak melakukan editing pada gambar anda. Karena gambar nanti tidak sesuai dengan aslinya, dan ini bisa membuat customer anda kecewa.

  1. Rutin posting gambar

Untuk menjaga atau memelihara followers yang sudah anda bangun, rajini-rajinlah posting gambar. Bagi penulis, Instagram memiliki pengecualian untuk update gambar. Anda dapat memposting gambar sekaligus melakukan promosi di postingan tersebut. Kenapa demikian? Karena instagram memiliki sistem slider, apabila kita memposting lebih dari satu gambar. Gunakan slide pertama untuk gambar hiburan, berita, topik bahasan atau sejenisnya yang masih sesuai dengan karakter followers anda, lalu gunakan slide terakhir untuk mengenalkan produk anda. Usahakan agar Instagram anda tetap mempunyai aktivitas yang konsisten setiap harinya. Lalu bagaimana jika Anda tidak punya foto yang menarik untuk dibagikan? Sesekali anda bisa posting kegiatan yang menarik bagi anda atau posting foto lainnya yang cukup menarik komentar follower anda dan jangan lupa quotes yang seru juga.

  1. Jangan abaikan kepopuleran hashtag (#)

Jika kalian pernah melihat instagram yang menyertakan begitu banyak Hashtag (#), sebenarnya mereka sedang melakukan promosi akun mereka. Hashtag (#) bukanlah sebuah tren sesaat yang hanya digunakan untuk hiasan saja. Hashtag tersebut penting untuk disertakan agar produk anda semakin dikenal. Penggunaan tanda pagar (#) di kolom keterangan (caption) merupakan kategori dari postingan yang sedang anda unggah. Dengan menggunakan hashtag, visibilitas konten anda akan meningkat dengan pesat. Buatlah hashtag yang unik untuk produk atau bisnis anda dan posting secara berkala. Selanjutnya secara otomatis kategori unik memungkinkan pengguna dengan mudah menemukan foto produk bisnis anda melalui fitur pencarian Instagram.

  1. Gunakan nama akun yang mudah diingat

Masih ingat pengguna facebook pada tahun awal boomingnya facebook? Pasti anda juga pernah mengalaminya bukan?. Ya, dulu banyak sekali yang membuat akun facebook dengan nama yang aneh dan panjangnya naudzubillah. Dan ALAY!. Jika diteliti lebih lanjut itu adalah hal yang wajar, kenapa? Karena jaman dulu facebook hanyalah platform media sosial yang murni hanya untuk bersosialisasi melalui internet. Namun sekarang sudah berbeda, Facebook adalah platform segala hal. Maka perlu kiranya kita menggunakan nama yang jelas supaya transaksi apapun dapat dipercaya oleh rekan bisnis kita di facebook. Begitu pula instagram, anda perlu memperhatikan pemilihan nama akun anda supaya lebih mudah diingat dan dipercaya oleh pelanggan anda. Jangan gunakan nama yang panjang yang sulit dieja apalagi diingat hanya gara-gara ingin unik.

  1. Follow sebanyak-banyaknya

Ini sedikit memaksa ego kita sebagai makhluk sosial. Namun, dalam dunia bisnis, anda harus mencoba untuk menghilangkan egi pribadi. Melakukan follow sebanyak-banyaknya sangat untuk mendapatkan follower yang banyak. Tentunya anda tetap harus menyaring siapa yang akan anda follow. Bukan berarti memfollow semua sebanyak-banyaknya, lalu anda seenaknya memfollow siapapun yang kadang tidak memiliki interest yang sesuai dengan produk anda. Sehingga mereka bisa mencari tahu tentang siapa kita dari foto-foto milik kita ketika kita memfollow mereka.

  1. Tunjukkan kegunaan produk

Sesekali jangan hanya promosi melalui foto/gambar saja. Buatlah video pendek tentang tutorial penggunaan, manfaat produk, testimony customer anda yang lain, dsb. Kemas video tersebut semenarik mungkin. Penyampaian yang menarik akan menarik minat customer. Adakalanya mereka tidak membutuhkannya tapi jika anda tampilkan sesuatu yang menarik maka mereka tidak sungkan untuk mencoba produk tersebut.

  1. Berikan hiburan yang menarik

Kasih give away sesekali gk apa lah. Berikan hiburan yang menarik agar follower anda tertarik untuk melihatnya. Jika perlu buat give away bagi yang bisa menjawab pertanyaan. Dengan syarat-syarat tertentu, seperti wajib follow akun anda dan mention 3 teman dikomentar dll. Ini bisa memberi semangat follower anda, biar mereka kepo-in akun instagram anda terus.

 

Loh yaa, terlalu panjang gk ini? Semoga bermanfaat. Itu tadi adalah cara ampuh untuk mendapatkan follower secara organik. INGAT!! Jangan pernah membeli follower jika anda ingin bisnis anda terus berkembang. Baik mungkin itu saja dari kami, artikel selanjutnya kita akan membahas tentang Strategi Jitu Jago Marketing di Facebook. Terima kasih,

Baca Juga : kesalahan pemula dalam menentukan strategi social media marketing

Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

cara mempromosikan akun instagram agar banyak followers

Leave a Comment