10 Aturan Wajib dalam Marketing di Media Sosial

Assalamualikum Wr. Wb.

Kalian pasti bertanya-tanya kenapa ada aturan dalam ber-social media marketing. Kita harus tau bahwa setiap apapun itu di dunia ini pasti memiliki aturannya masing masing, tidak terkecuali dengan pemasaran produk di media sosial. Kali ini kita akan membahas tentang aturan-aturan wajib dalam marketing di media sosial. Namun, jika anda belum membaca postingan kita sebelumnya silahkan baca disini, supaya panda lebih paham secara berkesinambungan. Baik, kita langsung saja bahas satu per satu 10 aturan wajib dalam marketing di media sosial, checkdot!!

10 Aturan Wajib dalam Marketing di Media Sosial

  1. Aturan Mendengarkan

Loh kok mendengarkan? Kan kita mau promosi bukan mau dengerin lagu. Tenang, sabar dulu, baca dengan seksama. Agar anda sukses dalam mendapatkan target audiens atau pelanggan yang lebih spesifik, buka telinga kalian lebar-leber untuk dapat mengetahui informasi terupdate dari kegemaran audiens anda. Dengan begitu anda akan dapat menentukan produk mana yang akan anda tawarkan. Contohnya, ada sekelompok orang yang menggemari klub sepak bola “Mancester United”, dan sedang membahas tentang permainan MU yang akan datang, jangan anda tawarkan jersey dari tim lawan, sudah pasti tidak akan ada yang beli.

  1. Aturan Fokus

Fokuslah pada satu brand produk dan bangun brand tersebut dengan baik agar memiliki kesempatan yang lebih baik pula. Hindari menggunakan stretegi yang sangat luas, sehingga anda sendiri bingung siapa target pelanggan anda.

  1. Aturan Kualitas

Kualitas yang dimaksud adalah kualitas dari audiens anda. Kualitas pengunjung konten anda secara online akan lebih bermaknda dibandingkan jumlah pengunjung. Sharing pengunjung konten anda dengan baik untuk mendapatka audiens yang berkualitas. Contohnya, pengunjung yang memberikan Like, pengunjung yang berdiskusi di kolom komentar dari konten anda, hingga pengunjung yang membagikan konten anda. Audiens yang seperti itulah tipe audiens yang berkualitas dibandingkan tipe audiens yang hanya datang dan hilang begitu saja.

  1. Aturan Kesabaran

Seperti halnya berjualan di toko, tidak semua orang sedang membutuhkan produk kita. Apalagi jika produk yang kita jual bukan produk premier, maka perlu usaha ekstra untuk dapat melakukan penjualan. Intinya tetap bersabar dan komitmen pada apa yang sudah anda pilih.

  1. Aturan Senyawa

Jika Anda memposting konten menakjubkan dan bekerja untuk membangun audiens anda yang setia maka bukan tidak mungkin mereka akan berbagi konten anda yang menarik dengan audiens mereka sendiri di Twitter, Facebook, bahkan di blog mereka sendiri. Berbagi dan mendiskusikan konten anda bisa menjadi entry point bagi anda untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang lebih besar lagi. Maka bersenyawalah dengan audiens anda.

  1. Aturan Pengaruh

Jika anda bukan merupakan seorang influencer atau public figur yang dikenal banyak orang, jangan khawatir masih banyak cara. Carilah Influencer yang memiliki kegemaran yang sama dengan produk yang sedang anda jual dan berusahalah terhubung dengan orang-orang yang juga menggemari influencer tersebut dan bekerja keraslah untuk membangun hubungan dengan mereka.

  1. Aturan Nilai

Masih ingat dengan mencari wadah dengan kegemaran yang sama? Jika lupa baca lagi disini. Ketika anda sudah memiliki teman atau followers yang telah anda bangun, jangan mentang-mentang sudah tepat sasaran terus anda melakukan promosi secara terus menerus dalam postingan anda. Tidak, bukan begitu caranya, seperti yang sudah kita bahas selain promosi, sajikan kepada mereka (audiens) informasi terbaru tentang kegemaran mereka. Sehingga mereka dapat berinteraksi dengan anda. Dengan begitu, suatu saat audiens anda akan menjadi katalis yang kuat untuk mouth marketing bisnis anda.

  1. Aturan Pengakuan

Membangun hubungan merupakan suatu bagian yang sangat penting dari keberhasilan marketing di media sosial, sehingga cobalah untuk selalu mengakui setiap orang yang menjangkau akun anda. Buatlah percakapan atau interaksi dengan mereka. Dengan begitu mereka akan percaya dengan anda.

  1. Aturan Aksesibilitas

Jangan suka hilang-hilangan ya setelah publikasi konten anda. Bagikan secara konsisten konten apa saja yang masih dalam satu payung dari kegemaran audiens anda. Dengan aktif melakukan publikasi secara terstruktur, maka pengunjung anda akan terus mengupdate info yang anda berikan.

  1. Aturan Timbal Balik

Anda tidak bisa mengharapkan orang lain untuk berbagi konten anda dan berbicara tentang anda jika anda tidak melakukan hal yang sama untuk mereka. Jadi, sebagian dari waktu yang anda habiskan di media sosial harus difokuskan pada berbagi dan berbicara tentang konten yang diterbitkan oleh orang lain juga.

 

Diatas adalah aturan-aturan wajib yang harus dilakukan untuk mendapatkan keberhasilan dalam melakukan Marketing di media sosial. Pada artikel selanjutnya kita akan membahas tentang kesalahan pemula dalam menentukan strategi social media marketing. Terima kasih telah membaca artikel kami, semoga bermanfaat.

Baca juga : Strategi Pemasaran di Media Sosial Yang Benar

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Leave a Comment